Definisi Manajemen Strategis

Kali ini saya akan berbagi tentang Definisi Manajemen Strategis kepada teman-teman. Adapun tujuan artikel ini ditulis untuk menambahkan pengetahuan kita tentang Ilmu Manajemen. Jika sahabat blogger punya kritik dan saran tentang artikel Definisi Manajemen Strategis silahkan komentar dibawah, ya.. Silahkan Langsung saja simak artikel tentang Definisi Manajemen Strategis di bawah ini.
manajemen strategis
Sobat blogger yang terhormat kali ini Berbagi Ilmu Manajemen akan sharing tentang Definisi Manajemen Strategis, mungkin kalian sudah mendapatkan ilmu tersebut di bangku sekolah atau kuliah namun tidak salahnya kita sharing kembali Arti Manajemen Strategis agar ingatan kita segar kembali.
Beberapa pakar dalam ilmu manajemen mendefinisikan Definisi Manajemen Strategis dengan cara yang berbeda-beda. Ketchen (2009) mendefinisikan manajemen strategis sebagai analisis, keputusan, dan aksi yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

Definisi ini menggambarkan dua elemen utama manajemen strategis. Pertama, manajemen strategis dalam sebuah perusahaan berkaitan dengan proses yang berjalan (ongoing processes): analisis, keputusan, dan tindakan. Definisi Manajemen Strategis berkaitan dengan bagaimana manajemen menganalisis sasaran strategis (visi, misi, tujuan) serta kondisi internal dan eksternal yang dihadapi perusahaan. Selanjutnya, perusahaan harus menciptakan keputusan strategis. Keputusan ini harus mampu menjawab dua pertanyaan utama:
(1) industri apa yang digeluti perusahaan
(2) bagaimana perusahaan harus bersaing di industri tersebut.

Terakhir, tindakan diambil untuk menjalankan keputusan tersebut. Tindakan yang perlu dilakukan akan mendorong manajer untuk mengalokasikan sumber daya dan merancang organisasi untuk mengubah rencana menjadi kenyataan.
Elemen kedua, manajemen strategis adalah studi tentang mengapa sebuah perusahaan mampu mengalahkan perusahaan lainnya. Manajer perlu menentukan bagaimana perusahaan bisa menciptakan keunggulan kompetitif yang tidak hanya unik dan berharga, tetapi juga sulit ditiru atau dicari subtitusinya sehingga mampu bertahan lama. Keunggulan kompetitif yang mampu bertahan lama biasanya didapatkan dengan melakukan aktivitas berbeda dengan apa yang dilakukan pesaing, atau melakukan aktivitas yang sama dengan cara yang berbeda.

Demikian penjelasan singkat tentang Definisi Manajemen Strategis. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment