Arti Manajemen Agribisnis

Kali ini saya akan berbagi tentang Arti Manajemen Agribisnis kepada teman-teman. Adapun tujuan artikel ini ditulis untuk menambahkan pengetahuan kita tentang Ilmu Manajemen. Jika sahabat blogger punya kritik dan saran tentang artikel Arti Manajemen Agribisnis silahkan komentar dibawah, ya.. Silahkan Langsung saja simak artikel tentang Arti Manajemen Agribisnis di bawah ini.
manajemen agribisnis
Sobat blogger kali ini saya akan sharing tentang Arti Manajemen Agribisnis, tapi sebelum itu kita akan bahas dulu pengertian dari Agribisnis itu sendiri.
Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain). Agribisnis, dengan perkataan lain, adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.
Istilah "agribisnis" diserap dari bahasa Inggris: agribusiness, yang merupakan portmanteau dari agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Dalam bahasa Indonesia dikenal pula varian anglisismenya, agrobisnis.
Objek agribisnis dapat berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lainnya. Kegiatan budidaya merupakan inti (core) agribisnis, meskipun suatu perusahaan agribisnis tidak harus melakukan sendiri kegiatan ini. Apabila produk budidaya (hasil panen) dimanfaatkan oleh pengelola sendiri, kegiatan ini disebut pertanian subsisten, dan merupakan kegiatan agribisnis paling primitif. Pemanfaatan sendiri dapat berarti juga menjual atau menukar untuk memenuhi keperluan sehari-hari.
Dalam perkembangan masa kini agribisnis tidak hanya mencakup kepada industri makanan saja karena pemanfaatan produk pertanian telah berkaitan erat dengan farmasi, teknologi bahan, dan penyediaan energi.
anajemen Agribisnis Sebagai Ilmu, Manajemen agribisnis merupakan bagian (subdisiplin, special case) dari ilmu ekonomi pertanian.
Kegiatan agribisnis di Indonesia ada sejak sebelum adanya pembangunan jangka panjang (PJP) 1. Akan tetapi, pada waktu itu kegiatan utamanya adalah agribisnis usahatani, yang lebih dikenal dengan istilah pertanian.
Pembangunan sistem agribisnis tersebut perlu ditempatkan bukan saja sebagai pendekatan baru pembangunan, tetapi lebih dari itu, pembangunan sistem agribisnis perlu dijadikan penggerak utama (grand strategy) pembangunan Indonesia secara keseluruhan (agribusiness led development).

Arti Manajemen Agribisnis, Manajemen agribisnis pada prinsipnya adalah penerapan manajemen dalam sistem agribisnis. Oleh karena itu, seseorang yang hendak terjun di bidang agribisnis harus memahami konsep-konsep manajemen dalam agribisnis, yang meliputi pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, tingkatan manajemen, prinsip-prinsip manajemen, dan bidang-bidang manajemen.
engertian agribisnis, keberhasilan agribisnis untuk mencapai tujuannya sangat ditentukan oleh faktor manajemen.
Fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), dan pengendalian (contolling) terdapat dalam kegiatan di tiap subsistem dan merupakan penghubung antara seorang manajer agribisnis dengan pemilik sebagai satu kesatuan merupakan tujuan lain dalam Manajemen Agribisnis.

Demikian sobat blogger yang dapat saya sharing tentang Arti Manajemen Agribisnis, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment