Arti atau Istilah Manajemen Waktu

Kali ini saya akan berbagi tentang Arti atau Istilah Manajemen Waktu kepada teman-teman. Adapun tujuan artikel ini ditulis untuk menambahkan pengetahuan kita tentang Ilmu Manajemen. Jika sahabat blogger punya kritik dan saran tentang artikel Arti atau Istilah Manajemen Waktu silahkan komentar dibawah, ya.. Silahkan Langsung saja simak artikel tentang Arti atau Istilah Manajemen Waktu di bawah ini.
Hallo sobat blogger kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Manajemen Waktu yaitu Arti atau Istilah Manajemen Waktu. ok lansung saja kita simak yang berikut ini:
Pengertian manajemen waktu
Arti atau Istilah manajemen waktu adalah tindakan atau proses perencanaan dan secara sadar melakukan kontrol atas jumlah waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi atau produktivitas.
manajemen waktu
Arti atau Istilah Manajemen Waktu dapat dibantu oleh berbagai keterampilan, peralatan, dan teknik yang digunakan untuk mengelola waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu, proyek dan tujuan sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Manajemen waktu meliputi cakupan yang luas dari kegiatan, dan ini termasuk perencanaan, mengalokasikan, menetapkan tujuan, delegasi, analisis waktu yang dihabiskan, pemantauan, pengorganisasian, penjadwalan, dan prioritas.

Awalnya, Arti atau Istilah Manajemen Waktu disebut hanya untuk kegiatan usaha atau pekerjaan, tapi akhirnya istilah tersebut diperluas untuk mencakup kegiatan pribadi juga. Biasanya manajemen waktu adalah suatu keharusan dalam setiap pembangunan proyek karena manajemen waktu menentukan jumlah waktu yang dibutuhkan dan ruang lingkup penyelesaian suatu proyek.

Prinsip-prinsip Manajemen Waktu
Mengelola waktu Anda dengan baik berarti mengelola hidup Anda dengan baik. Orang yang mengatur waktu memerlukan kreativitas. Mereka membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang, mengatur dan menjaga jadwal yang realistis, istirahat yang efisien dan tepat waktu, dan melihat tugas-tugas yang harus dilakukan sebagai peluang dan bukan sebagai kewajiban.

Manusia tidak semua diberkahi dengan kecemerlangan, penampilan yang baik, atau banyak uang, tapi kita masing-masing mendapatkan jumlah waktu yang sama setiap hari. Ada banyak yang dapat dicapai dalam 24 jam, dan ada juga yang tidak mencapai apapun sama sekali. Semuanya terserah Anda untuk memanfaatkan waktu secara optimal karena ini adalah hidup Anda.

7 Prinsip Manajemen Waktu :

1. Jadilah aktif, bukan hanya reaktif. Akan lebih mudah untuk menjadi aktif jika Anda juga mengikuti prinsip ke #2, yaitu, menetapkan tujuan.
2. Set Tujuan anda
3. Prioritaskan tindakan.
4. Jaga fokus Anda.
5. Buat tenggat waktu yang realistis
6. Setelah Anda memutuskan rencana dan terfokus, lakukan sekarang! Dengan cara:

- Membagi dan mengerjakan apa yang harus Anda lakukan. Pecahkan tugas besar menjadi tugas-tugas kecil dan berikan setiap bagian dari tugas tenggat waktu yang realistis.
- Mengatur sumber daya Anda, bagaimana Anda akan melakukannya.
- Abaikan interupsi yang mengganggu.
- Luangkan waktu untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu sendiri.
- Sekarang, bukan besok. Jangan menunda-nunda.
- Peluang yang mengetuk. Memanfaatkan peluang.
- Waspada terhadap pemborosan waktu. Lacak dan kendalikan, berapa banyak waktu yang Anda habiskan di Internet, membaca dan mengirim e-mail, menonton TV, atau berbicara di telepon.

7. Seimbangkan Hidup Anda. Terlalu banyak istirahat atau terlalu banyak bekerja akan menimbulkan dampak negatif dalam jangka panjang

Demikian sobat Blogger tentang Arti atau Istilah Manajemen Waktu. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment