Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun

Kali ini saya akan berbagi tentang Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun kepada teman-teman. Adapun tujuan artikel ini ditulis untuk menambahkan pengetahuan kita tentang Ilmu Manajemen. Jika sahabat blogger punya kritik dan saran tentang artikel Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun silahkan komentar dibawah, ya.. Silahkan Langsung saja simak artikel tentang Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun di bawah ini.
manajemen pensiun.img
Sobat blogger kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun, di lihat dari judulnya kayaknya kita ini udah mau pensiun, tapi dipikir-pikir persiapan itu penting lho.. agar kita tidak menyesal dihari tua nanti, bagaimana srtuju kan.. lansung saja kita simak yang berikut ini:

Saat ini di berbagai instansi  sudah memiliki program persiapan pensiun untuk mempersiapkan karyawannya. Mempersiapkan masa pensiun menjadi sangat penting, karena biasanya di akhir masa kerja jika seseorang tidak siap bisa berakibat buruk, seperti pengelolaan dana yang salah dapat berakibat kebankrutan.

Salah satu cara Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun adalah memiliki anggaran investasi. Semakin muda Anda mempersiapkan diri, maka semakin baik karena masih panjang jalan yang terbentang artinya semakin banyak Anda bisa menabung untuk masa pensiun. Investasi yang ditujukan untuk pensiun berarti investasi jangka panjang, alokasinya bisa berupa saham, obligasi, reksadana, real estate, logam mulia maupun uang tunai.

Para peneliti menyatakan bahwa alokasi aset yang tepat bertanggung jawab terhadap 90% keuntungan yang Anda dapatkan, sehingga menentukan alokasi aset sangatlah penting. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, tentu resikonya besar. Untuk itu, penting menyeimbangkan kemampuan Anda untuk menanggung resiko kerugian dengan jumlah keuntungan yang ingin didapatkan.

Jangan tergiur dengan keuntungan yang besar, jika Anda tidak siap untuk mengalami kehilangan yang besar pula. Selain itu, beberapa tahun terakhir ini banyak investor mengalami kerugian besar karena menjadi panik saat investasinya turun. Mereka malah beramai-ramai menjual investasinya, hal ini menimbulkan kerugian permanen, yang seharusnya jika mereka berani untuk menahannya, kerugian itu hanyalah kerugian sementara.

Untuk menentukan besarnya alokasi aset ada beberapa cara, namun yang termudah adalah dengan Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun menggunakan usia Anda:

- Usia Anda sebagai penentu obligasi. Jadi jika usia Anda dibawah 40 tahun, misalnya 35 tahun maka jumlah uang yang dialokasikan pada saham atau obligasi adalah 35% dari modal Anda : 65% ekuitas/35% obligasi.

-Jika usia Anda diatas 40 tahun, maka 110 dikurang jumlah usia. Umpamanya usia Anda 40 tahun, maka 110-40 = 70. Jadi 70% ekuitas / 30 % obligasi.

Demikian Persiapan Hari Tua Dengan Manajemen Pensiun,  Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment