Arti Manajemen Agribisnis

Kali ini Saya akan berbagi tentang Arti Manajemen Agribisnis kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Arti Manajemen Agribisnis Jika Teman-Teman Suka Dengan Arti Manajemen Agribisnis silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Arti Manajemen Agribisnis ke TKP
manajemen agribisnis
Sobat blogger kali ini saya akan sharing tentang Arti Manajemen Agribisnis, tapi sebelum itu kita akan bahas dulu pengertian dari Agribisnis itu sendiri.
Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain). Agribisnis, dengan perkataan lain, adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.
Istilah "agribisnis" diserap dari bahasa Inggris: agribusiness, yang merupakan portmanteau dari agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Dalam bahasa Indonesia dikenal pula varian anglisismenya, agrobisnis.
Objek agribisnis dapat berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lainnya. Kegiatan budidaya merupakan inti (core) agribisnis, meskipun suatu perusahaan agribisnis tidak harus melakukan sendiri kegiatan ini. Apabila produk budidaya (hasil panen) dimanfaatkan oleh pengelola sendiri, kegiatan ini disebut pertanian subsisten, dan merupakan kegiatan agribisnis paling primitif. Pemanfaatan sendiri dapat berarti juga menjual atau menukar untuk memenuhi keperluan sehari-hari.
Dalam perkembangan masa kini agribisnis tidak hanya mencakup kepada industri makanan saja karena pemanfaatan produk pertanian telah berkaitan erat dengan farmasi, teknologi bahan, dan penyediaan energi.
anajemen Agribisnis Sebagai Ilmu, Manajemen agribisnis merupakan bagian (subdisiplin, special case) dari ilmu ekonomi pertanian.
Kegiatan agribisnis di Indonesia ada sejak sebelum adanya pembangunan jangka panjang (PJP) 1. Akan tetapi, pada waktu itu kegiatan utamanya adalah agribisnis usahatani, yang lebih dikenal dengan istilah pertanian.
Pembangunan sistem agribisnis tersebut perlu ditempatkan bukan saja sebagai pendekatan baru pembangunan, tetapi lebih dari itu, pembangunan sistem agribisnis perlu dijadikan penggerak utama (grand strategy) pembangunan Indonesia secara keseluruhan (agribusiness led development).

Arti Manajemen Agribisnis, Manajemen agribisnis pada prinsipnya adalah penerapan manajemen dalam sistem agribisnis. Oleh karena itu, seseorang yang hendak terjun di bidang agribisnis harus memahami konsep-konsep manajemen dalam agribisnis, yang meliputi pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, tingkatan manajemen, prinsip-prinsip manajemen, dan bidang-bidang manajemen.
engertian agribisnis, keberhasilan agribisnis untuk mencapai tujuannya sangat ditentukan oleh faktor manajemen.
Fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), dan pengendalian (contolling) terdapat dalam kegiatan di tiap subsistem dan merupakan penghubung antara seorang manajer agribisnis dengan pemilik sebagai satu kesatuan merupakan tujuan lain dalam Manajemen Agribisnis.

Demikian sobat blogger yang dapat saya sharing tentang Arti Manajemen Agribisnis, mudah-mudahan bermanfaat.

Definisi Manajemen Strategis

Kali ini Saya akan berbagi tentang Definisi Manajemen Strategis kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Definisi Manajemen Strategis Jika Teman-Teman Suka Dengan Definisi Manajemen Strategis silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Definisi Manajemen Strategis ke TKP
manajemen strategis
Sobat blogger yang terhormat kali ini Berbagi Ilmu Manajemen akan sharing tentang Definisi Manajemen Strategis, mungkin kalian sudah mendapatkan ilmu tersebut di bangku sekolah atau kuliah namun tidak salahnya kita sharing kembali Arti Manajemen Strategis agar ingatan kita segar kembali.
Beberapa pakar dalam ilmu manajemen mendefinisikan Definisi Manajemen Strategis dengan cara yang berbeda-beda. Ketchen (2009) mendefinisikan manajemen strategis sebagai analisis, keputusan, dan aksi yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

Definisi ini menggambarkan dua elemen utama manajemen strategis. Pertama, manajemen strategis dalam sebuah perusahaan berkaitan dengan proses yang berjalan (ongoing processes): analisis, keputusan, dan tindakan. Definisi Manajemen Strategis berkaitan dengan bagaimana manajemen menganalisis sasaran strategis (visi, misi, tujuan) serta kondisi internal dan eksternal yang dihadapi perusahaan. Selanjutnya, perusahaan harus menciptakan keputusan strategis. Keputusan ini harus mampu menjawab dua pertanyaan utama:
(1) industri apa yang digeluti perusahaan
(2) bagaimana perusahaan harus bersaing di industri tersebut.

Terakhir, tindakan diambil untuk menjalankan keputusan tersebut. Tindakan yang perlu dilakukan akan mendorong manajer untuk mengalokasikan sumber daya dan merancang organisasi untuk mengubah rencana menjadi kenyataan.
Elemen kedua, manajemen strategis adalah studi tentang mengapa sebuah perusahaan mampu mengalahkan perusahaan lainnya. Manajer perlu menentukan bagaimana perusahaan bisa menciptakan keunggulan kompetitif yang tidak hanya unik dan berharga, tetapi juga sulit ditiru atau dicari subtitusinya sehingga mampu bertahan lama. Keunggulan kompetitif yang mampu bertahan lama biasanya didapatkan dengan melakukan aktivitas berbeda dengan apa yang dilakukan pesaing, atau melakukan aktivitas yang sama dengan cara yang berbeda.

Demikian penjelasan singkat tentang Definisi Manajemen Strategis. Semoga bermanfaat.

Manajemen Pangan Nasional

Kali ini Saya akan berbagi tentang Manajemen Pangan Nasional kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Manajemen Pangan Nasional Jika Teman-Teman Suka Dengan Manajemen Pangan Nasional silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Manajemen Pangan Nasional ke TKP
manajemen pangan
Kali ini Berbagi Ilmu Tentang Manajemen sharing tentang Manajemen Pangan Nasional yaitu salah satu artikel dari Rahmat Pramulya, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat.  Beliau sangat peduli dengan krisis pangan yang mulai mengancam negara kita berikut cuplikannya :
Ancaman krisis pangan terus melambungkan harga-harga pangan, mulai dari beras, sayur-sayuran, daging/ ikan dan bahan kebutuhan pangan lainnya. Kondisi alam (La Nina) disebut-sebut sebagai penyebab krisis pangan saat ini, selain isu lama global warming. Pemerintah pun telah mengambil ancang-ancang untuk melakukan impor beras sembari sejenak melupakan cita-cita swasembada yang telah lama digaungkan.

Mencermati situasi ini, ada satu hal yang mestinya harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah, yaitu soal sistem Manajemen Pangan Nasional. Semestinya waktu 65 tahun merdeka sangat cukup bagi bangsa ini untuk memiliki sebuah sistem manajemen pangan yang handal. Sepanjang sejarah perjalanan bangsa, pengalaman demi pengalaman berharga soal pengelolaan pangan nasional seharusnya sudah tertorehkan.

Di era Orde Lama, Presiden RI pertama, Ir Soekarno dengan tegas mengatakan bahwa negara mengemban tugas penting dalam persoalan pangan. Bahkan dikatakannya, bicara pangan adalah bicara soal hidup dan matinya bangsa. "Cukupkah persediaan makanan rakyat kita di kemudian hari?" demikian sepenggal pertanyaan yang dilontarkan Soekarno kala itu.

Dengan segala kekurangan dan kelebihan pemerintahan saat itu, dapat ditarik pelajaran bahwa soal pangan demikian penting. Krisis pangan bahkan bisa menyeret jatuhnya wibawa kepemimpinan kala itu.

Di era Orde Baru, pembelajaran Manajemen Pangan Nasional dapat tergali begitu banyaknya. Program Bimas (Bimbingan Massal), sebuah program yang didisain untuk meningkatkan produksi padi tercatat telah membuahkan keberhasilan swasembada beras di tahun 1984 yang sekaligus menyisakan setumpuk problem pertanian pangan lantaran kuatnya Bimas mengadopsi Revolusi Hijau. Di era Presiden BJ Habibie, pembangunan pertanian (pangan) berkebudayaan industri menjadi kebijakan pangan yang demikian menonjol. Sayangnya, kebijakan ini pun hanya numpang lewat karena tidak diikuti dengan operasionalisasi yang serius di lapangan.

Yang tak kalah fenomenalnya adalah saat pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Mulai dari kampanye hingga deklarasi ketahanan pangan terus disuarakan. Pemerintah, perguruan tinggi, dunia bisnis, organisasi tani, maupun lembaga swadaya masyarakat dituntut memberikan dukungan kereka dalam mewujudkan ketahanan pangan. Isu ketahanan pangan terus bergulir dan membesar. Hingga kini di era kepemimpinan SBY, soal ketahanan pangan masih menjadi isu strategis di pemerintahan. Berbagai perangkat perundangan pun telah dilahirkan demi mewujudkan ketahanan pangan, mulai dari UU No. 7/1996 tentang Pangan, PP No 68/2002 tentang Ketahanan Pangan, hingga Perpres No. 22/2009 dan Permentan No. 43/2009 tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Berbasis Sumberdaya Lokal.

Namun jika dicermati mengapa soal ketahanan pangan kita seperti jalan di tempat? Krisis pangan selalu saja mendera. Harga-harga pangan terus melambung. Akses pangan pun kian sulit bagi masyarakat bawah. Apakah ini bukti bahwa sistem pangan kita amburadul?

Ada tiga komponen penting dalam sistem pangan nasional yaitu ketersediaan, distribusi, dan konsumsi. Sistem pangan kita akan tangguh jika kita dapat menjamin ketiga komponen penting tersebut. Untuk menjamin ketersediaan pangan aman, maka berbagai strategi produksi mulai dari tata guna lahan, input teknologi bibit, penyediaan pupuk, pengendalian hama terpadu, hingga strategi pembiayaan usaha tani selama ini telah menjadi tugas sehari-hari Kementerian Pertanian. Persoalannya sekarang, pemerintah belum berhitung dengan serius seberapa besar stok pangan yang aman.

Produksi padi di posisi menjelang akhir tahun ini dirasa tak cukup memenuhi kebutuhan penduduk di seluruh wilayah. Jika saja pangan lokal dijadikan kebijakan serius, sesungguhnya kekurangan beras bisa ditutup dengan stok pangan non beras yang potensinya cukup melimpah. Tinggal bagaimana disiapkan teknologi yang tepat untuk menjadikannya sebagai sumber pangan pengganti beras. Tak hanya teknologi budidaya yang dapat memacu produktivitas panen, juga perlu disiapkan teknologi penyimpanan maupun teknologi pengolahan yang mampu menjadikan sumber pangan non beras itu tepat dijadikan cadangan pangan (memiliki umur simpan yang panjang).

Selain menyangkut sarana prasarana teknis agar bahan pangan dapat sampai di seluruh wilayah tanah air, juga perlu dicermati dari sisi akses masyarakat terhadap pangan. Sementara, tak mudah menjamin distribusi pangan yang adil. Di sini sangat dibutuhkan sentuhan kebijakan harga. Agar setiap penduduk dapat dengan mudah mendapatkan pangan, maka politik pangan negara mestinya mengarah bagaimana pangan itu bisa murah. Ide pengembangan pangan lokal sebenarnya bisa menjawab permasalahan ini.

Namun, lagi-lagi disayangkan kebijakan pengembangan pangan lokal pun tampak masih setengah hati. Pemerintah belum all out dalam mewujudkan kebijakan pengembangan pangan lokal ini. Sekedar contoh, pengembangan diversifikasi berbasis pangan lokal masih sekedar muncul di lomba-lomba yang kental seremoni. Usai lomba, usai pula nasib pangan lokal. Masyarakat pun dibiarkan kembali bertarung untuk bisa mengakses pangan-pangan yang mahal dan tidak diseru untuk mengkonsumsi pangan lokal yang relatif mudah dijangkau harganya.

Dari sisi konsumsi, menjadi penting untuk diperhatikan bagaimana pola konsumsi masyarakat kita yang masih didominasi oleh kelompok padi-padian. Bahwa pola konsumsi pangan harus beragam, bergizi, dan berimbang (3B) tampaknya belum dipahami masyarakat luas. Belajar dari keberhasilan kampanye 'Empat Sehat Lima Sempurna', mestinya kampanye 3B ini perlu terus digencarkan. Barangkali tak banyak dari kita yang tahu seperti apa konsep 3B ini.

Apalagi pemerintah menargetkan terjadi kenaikan skor Pola Pangan Harapan (PPH) dari 75,7 di tahun 2009 menjadi 93,3 di tahun 2014. Skor PPH adalah sebuah ukuran yang menunjukkan keragaman pola konsumsi pangan masyarakat, baik yang berasal dari kelompok padi-padian, umbi-umbian, hasil ternak/ikan, sayur-sayuran serta buah-buahan. Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dari sisi konsumsi inilah diverfisikasi pangan perlu digenjot.

Diversifikasi pangan menjadi penting mengingat kita memiliki keanekaragaman sumberdaya hayati yang luar biasa besar yang hingga kini belum termanfaatkan dengan baik. Sayangnya, yang terjadi justru kita telah masuk dalam perangkap pangan (food trap) negara maju. Beberapa komoditas pangan yakni gandum, kedelai, jagung, daging ayam ras, daging sapi, dan susu, Indonesia masih tergantung dari impor. Bahkan untuk komoditas gandum, kedelai, dan daging sudah dikategorikan kritis.

Kepemimpinan yang tidak efektif merupakan salah satu sebab mengapa Indonesia tak jua memiliki sistem manajemen pangan yang handal. Para pemimpin negeri ini seharusnya bisa merancang sistem yang handal demi menopang stabilitas pangan nasional. Masalah pangan seharusnya tidak diletakkan pada pasar global, tetapi pada kemampuan rakyat suatu negara.

Demikian cuplikan artikel Manajemen Pangan Nasional. semoga bermanfaat.

Manajemen Pertanian Modern

Kali ini Saya akan berbagi tentang Manajemen Pertanian Modern kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Manajemen Pertanian Modern Jika Teman-Teman Suka Dengan Manajemen Pertanian Modern silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Manajemen Pertanian Modern ke TKP
pertanian modern
Sobat blogger kali ini saya akan sharing tentang Manajemen Pertanian Modern. Ok lansung saja kita simak yang berikut ini:
Manajemen Pertanian Modern adalah Usaha-usaha Meningkatkan Hasil Pertanian dengan cara-cara modern. berikut yang dapat dilakukan dalam Manajemen Pertanian Modern :

1. Intensifikasi Pertanian

Intensifikasi pertanian adalah pengolahan lahan pertanian yang ada dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil pertanian dengan menggunakan berbagai sarana. Intensifikasi pertanian banyak dilakukan di Pulau Jawa dan Bali yang memiliki lahan pertanian sempit.
Pada awalnya intensifikasi pertanian ditempuh dengan program Panca Usaha Tani, yang kemudian dilanjutkan dengan program sapta usaha tani. Adapun sapta usaha tani dalam bidang pertanian meliputi kegiatan sebagai berikut :

  • Pengolahan tanah yang baik
  • Pengairan yang teratur
  • Pemilihan bibit unggul
  • Pemupukan
  • Pemberantasan hama dan penyakit tanaman
  • Pengolahan pasca panen
  • pengairan yang teratur  menyemprot hama


2. Ekstensifikasi Pertanian

Adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian baru,misalnya membuka hutan dan semak belukar, daerah sekitar rawa-rawa, dan daerah pertanian yang belum dimanfatkan. Selain itu, ekstensifikasi juga dilakukan dengan membuka persawahan pasang surut.
Ekstensifikasi pertanian banyak dilakukan di daerah jarang penduduk seperti di luar Pulau Jawa, khususnya di beberapa daerah tujuan transmigrasi, seperti Sumatera, Kalimantan dan Irian Jaya.

3. Diversifikasi Pertanian

Adalah usaha penganekaragaman jenis usaha atau tanaman pertanian untuk menghindari ketergantungan pada salah satu hasil pertanian.
Diversifikasi pertanian dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

Memperbanyak jenis kegiatan pertanian, misalnya seorang petani selain bertani juga beternak ayam dan beternak ikan.
Memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan, misalnya pada suatu lahan selain ditanam jagung juga ditanam padi ladang.

4. Mekanisasi Pertanian

Adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan menggunakan mesin-mesin pertanian modern. Mekanisasi pertanian banyak dilakukan di luar Pulau Jawa yang memiliki lahan pertanian luas. Pada program mekanisasi pertanian, tenaga manusia dan hewan bukan menjadi tenaga utama.

5. Rehabilitasi Pertanian

Adalah usaha memperbaiki lahan pertanian yang semula tidak produktif atau sudah tidak berproduksi menjadi lahan produktif atau mengganti tanaman yang sudah tidak produktif menjadi tanaman yang lebih produktif.
Sebagai tindak lanjut dari program-program tersebut, pemerintah menempuh langkah-langkah sebagai berikut:

Memperluas,memperbaiki dan memelihara jaringan irigasi yang meluas di seluruh wilayah Indonesia
Menyempurnakan sistem produksi pertanian pangan melalui penerapan berbagai paket program yang diawali dengan program Bimbingan Masal (Bimas) pada tahun 1970. Kemudian disusul dengan program intensifikasi Masal (Inmas), Intensifikasi Khusus (Insus) dan Supra Insus yang bertujuan meningkatkan produksi pangan secara berkesinambungan.
Membangun pabrik pupuk serta pabrik insektisida dan pestisida yang dilaksanakan untuk menunjang proses produksi pertanian.
Usaha-usaha meningkatkan hasil pertanian dapat dilakukan antara lain dengan cara :


  • Membangun gudang-gudang, pabrik penggilingan padi dan menetapkan harga dasar gabah
  • Memberikan berbagai subsidi dan insentif modal kepada para petani agar petani dapat meningkatkan produksi pertaniannya.
  • Menyempurnakan sistem kelembagaan usaha tani melalui pembentukan kelompok tani, dan Koperasi Unit Desa (KUD) di seluruh pelosok daerah yang bertujuan untuk memberikan motivasi produksi dan mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi para petani.

Hydrogel, Media Tanam Unik untuk Hidroponik

TEKNIK pertanian modern seperti hidroponik sudah menjadi kebutuhan yang mendesak, menyusul semakin berkurangnya ketersediaan lahan untuk bercocok tanam. Berkurangnya lahan pertanian ini antara lain karena pertambahan penduduk yang cepat akibat faktor kelahiran, perpindahan penduduk, dan urbanisasi.Cara budidaya tanaman dengan teknik hidroponik dinilai praktis, bersih dan hemat tenaga. Cara ini juga banyak disuka hobiis tanaman hias. Hasilnya, tak kalah dengan budidaya dalam pot biasa. Malah lebih aman dari serangan hama ketimbang memakai media tanah. Hampir semua jenis tanaman hias bisa dibudidayakan dan dipajang dengan teknik hidroponik. Terutama untuk tanaman in door.Bicara soal hidroponik, tak bisa lepas dengan yang namanya media tanam. Betapa tidak, media tanam memegang peranan sangat penting untuk suksesnya bercocok tanam sistem hidroponik. Media tanam untuk hidroponik biasanya menggunakan batu perlit atau vermiculit. Batu perlit merupakan batu dari letusan gunung berapi, bentuknya dibuat bulat-bulat, poros, dan ringan.Namun bila perlit dan vermikulit sukar didapat dan mahal harganya, banyak alternatif lainnya, seperti batu apung, pecahan batu bata atau genteng, pasir, arang kayu, arang sekam, pakis, sabut kelapa, ijuk, spon, peat moss (gambut), rock wool, zeolit. Juga kerikil sintesis Lecaton dan Blahton yang banyak dijual di nursery atau toko-toko tanaman hias. Prinsipnya, media tersebut harus bersifat porous (berongga) untuk sirkulasi udara, mudah menyerap air, tidak cepat lapuk, akar mudah menempel, dapat menyimpan zat hara, dan tidak mudah menjadi sumber penyakit.
Pada dasarnya sistem hidroponik adalah upaya memberikan bahan makanan dalam larutan mineral atau nutrisi yang diperlukan tanaman dengan cara disiram atau diteteskan. Pekerjaan menyiram atau mengairi media tanam inilah menjadi persoalan. Sistem pengairan hidroponik bila dilakukan secara manual akan sangat merepotkan, sementara bila dilakukan secara otomatis butuh energi dan bahan yang tidak sedikit; perlu pompa, listrik, selang, pengatur waktu, dsb. Hingga ditemukan solusi yang cukup unik yaitu dengan menggunakan media tanam yang dinamakan hydrogel.

Hydrogel adalah penemuan terbaru yang menarik untuk mempermudah sistem pertanian hidroponik. Kristal-kristal polimer ini bisa dijadikan media tanam yang praktis karena sifatnya yang mampu menyerap air, sehingga pekebun akan dibebaskan dari rutinitas menyiram tanaman, selain itu dengan keanekaragaman warnanya bisa memperbaiki penampilan tanaman secara keseluruhan, karena bisa disesuaikan dengan selera dan diselaraskan dengan warna tanaman. Hal ini dapat menciptakan keindahan dan keasrian tanaman hias yang ditempatkan di ruang tamu atau di ruang kantor.

Kelebihan hidrogel, selain tampilannya indah berwarna-warni, juga praktis, dapat disiram sebulan sekali, terhindar dari hama tanah, cocok untuk tanaman di dalam ruangan seperti ruang tamu atau meja kerja.

Selain sebagai media tanam bagi tanaman hias, hidrogel juga cocok untuk perkebunan dan hutan tanaman industri. Hidrogel digunakan sebagai campuran untuk menyempurnakan tanah. Jeli dari hidrogel lazim pula digunakan untuk budidaya jamur shiitake. Selain itu gel ini berguna bagi pertanian di kota-kota besar yang lahannya sempit serta kualitas tanahnya jelek. Sedikit tanah, diberi campuran hidrogel dan pupuk, bisa menjadi media yang baik untuk berkebun.

Menurut ensiklopedia Wikipedia, hydrogel adalah suatu jaringan rantai-rantai polimer yang mudah menyerap air, hidrogel adalah polimer penyerap super (superabsorbent), ia dapat mengandung air hingga 99%. Hidrogel adalah kristal-kristal pengisap air, mampu menyerap air 600 kali dari bobotnya. Kristal-kristal ini tampak seperti butiran-butiran kecil kwarsa sebelum jenuh dengan air, dan mirip cabikan jeli jernih bila air ditambahkan.

Bahan-bahan pembentuk hydrogel biasanya terdiri dari polyvinyl alcohol, natrium polyacrylate, polimer-polimer acrylate lainnya dan ko-polimer dengan kelompok hydrophilic (pengikat air) yang melimpah.

Pada awalnya hidrogel digunakan untuk diaper sekali pakai dimana ia dapat “menangkap” urin, untuk handuk-handuk kesehatan, lensa-lensa kontak (hidrogel silikon, polyacrylamides), elektroda-elektroda medis (polyethylene oxide, polyAMPS dan polyvinylpyrrolidone). Juga digunakan untuk operasi payudara, pembalut luka bakar, wadah obat-obat ionis, dan butiran untuk mempertahankan kandungan air tanah di kawasan tandus.

Salah satu kehebatan hidrogel hadir dalam merek dagang Osmogro, yang menciptakan teknologi pengairan mandiri –tumbuhan mampu mengairi dirinya sendiri. Teknologi pengairan Osmogro yang unik ini, bisa mengantarkan air dari penampung eksternal ke dalam pot tumbuhan dengan cara osmosis dan difusi menggunakan membran hidrogel. (Dede Suhaya/dari berbagai sumber)***

Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

HIDROGEL atau dikenal juga sebagai polimer penyerap super (super-absorbing polymer –SAP) juga terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Produk hidrogel terbaru ini dikembangkan oleh seorang insinyur polimer dari Universitas Waseda, Jepang, Prof. Yuichi Mori. SAP jenis baru ini dinamakan ‘Sky Gel’, dan secara meluas telah digunakan untuk taman-taman atap, rehabilitasi hutan, kultur jaringan, hidroponik dan aeroponik.

“Sky Gel memiliki sifat menahan air yang sempurna, dan dalam eksperimen dengan tanaman radish dan mentimun menunjukkan gel ini secara terus menerus meningkatkan ujung tumbuh dan perakaran. Ketika Sky Gel diaplikasikan pada zona akar, zat ini mampu menahan kadar air dan secara lambat melepaskannya ke tanaman yang sedang tumbuh. Sky Gel berada di balik keberhasilan proyek stabilisasi kemiringan bukit-bukit di Gunung Fuji, dan mampu menghentikan lajunya gurun pasir. Mampu menahan erosi angin dan menstabilkan bukit-bukit pasir,” terang Prof. Mori.

SAP konvensional (jalinan silang sodium polyacrylate) memiliki kemampuan menyerap air dengan sempurna (hingga 200 ml air per gram SAP), dan sangat dipercaya dalam menjaga tumbuhan dalam penyerapan airnya. “Kunci Sky Gel ada pada sifat pertukaran ionnya – yaitu penyerapan ion kalsium, yang penting untuk tanaman tumbuh serta pelepasan ion natrium, yang berbahaya bagi tumbuhan,” tegas Prof. Mori. Bila SAP ditambahkan di atas konsentrasi kritis (di atas 0,1 volume persen) pada tanah, tumbuhan bisa kekurangan perkecambahan dan hambatan untuk tumbuh.

“Kami mensintesa Sky Gel dengan secara parsial menggantikan kelompok natrium acrylate SAP dengan kalsium acrylate dan kelompok asam acrylic. Kemampuan menyerap air dari kalsium pada Sky Gel secara signifikan sama tingginya dengan SAP konvensional,” jelas Prof. Mori.

Produksi Sky Gel di Jepang dilakukan dengan memanfaatkan produksi SAP konvensional. “Ongkos produksinya akan sangat mendekati SAP bila permintaan Sky Gel meningkat setinggi SAP, yang produksinya sekitar 100 juta ton per tahun,” ujar Prof. Mori. Saat ini, harga Sky Gel sekitar sepuluh kali SAP konvensional. (DS/berbagai sumber)***

Demikian penjelasan singkat tentang Manajemen Pertanian Modern, Semoga bermanfaat.

Manajemen Sumber Daya Hayati

Kali ini Saya akan berbagi tentang Manajemen Sumber Daya Hayati kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Manajemen Sumber Daya Hayati Jika Teman-Teman Suka Dengan Manajemen Sumber Daya Hayati silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Manajemen Sumber Daya Hayati ke TKP
sumber daya hayati.img
Sobat blogger kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Manajemen Sumber Daya Hayati, lansung saja kita simak yang berikut ini:
Manajemen Sumber Daya Hayati  mirip dengan teknik pertanian, namun memiliki cakupan yang lebih luas dalam hal penggunaan teknologi dan unsur lainnya. Peningkatan jumlah penduduk dan masalah urbanisasi meningkatkan permintaan terhadap bahan pangan, air, dan lahan; hal itu merupakan tantangan utama dari teknik sumber daya hayati. Insinyur teknik sumber daya alam bertugas mengisi celah antara sumber daya hayati dan kehidupan masyarakat yang dahulu dilakukan oleh ilmu keteknikan tradisional. Manajemen Sumber Daya Hayati dan Manajemen Pertanian dapat bekerja bersama-sama secara efisien dan berorientasi lingkungan dalam memproduksi bahan pangan, serat, kayu, produk berbasis sumber daya hayati, dan energi terbarukan untuk populasi dunia yang terus meningkat.
Beberapa subbidang penelitian dalam lingkup Manajemen Sumber Daya Hayati diantaranya elektronika dan komputerisasi mesin, pengolahan limbah, irigasi dan manajemen sumber daya air, lingkungan hayati, dan polusi.
Demikian penjelasan singkat tentang Manajemen Sumber Daya Hayati, Semoga bermanfaat

Manajemen Pensiun

Kali ini Saya akan berbagi tentang Manajemen Pensiun kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Manajemen Pensiun Jika Teman-Teman Suka Dengan Manajemen Pensiun silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Manajemen Pensiun ke TKP
Sobat blogger yang terhormat kali ini kita sharing tentang Manajemen Pensiun, lansung saja kita simak yang berikut ini:
manajemen pensiun.imgMasa pensiun bisa menjadi masa kritis bagi sebagian orang. Karena itu, kita perlu mempersiapkan masa pensiun sejak dini, salah satunya dengan Manajemen Pensiun. Saat kita masih di usia produktif. Rata-rata orang Indonesia mempersiapkan masa pensiun pada usia di atas 40 tahun. Padahal, di negara-negara maju orang sudah mulai mempersiapkan masa pensiun pada usia 30 tahun.


Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun? Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun. Masing-masing cara tentu memiliki nilai lebih. Pilihlah cara mempersiapkan pensiun sesuai dengan karakter dan kebutuhan Anda.berikut yang dapat dilakukan dengan Manajemen Pensiun :

1. Berbisnis

Membuka usaha memang sangat menguntungkan. Namun, diperlukan persiapan yang sangat matang, seperti modal usaha yang kuat, tenaga dan waktu yang cukup, serta keahlian. Dalam membuka usaha, kita juga harus siap mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi ke depan, seperti risiko kerugian ataupun tambahan kapasitas modal usaha. Yang paling penting adalah persiapan mental, seperti kesabaran, ketekunan, dan komitmen yang kuat.

2. Menabung Secara Rutin

Di zaman sekarang, gaji biasanya dibayarkan melalui rekenig tabungan. Nah, karyawan yang penghasilannya ditransfer melalui bank bisa menyisihkan sebagian uang gajinya untuk ditabung. Ini sah-sah saja. Yang mesti diingat adalah, pertama, nilai dana yang disimpan di bank biasanya tak sebanding dengan nilai kebutuhan di masa mendatang. Kedua, nilai uang di tabungan akan dikenai pajak dan biaya administrasi. Terakhir, jangan coba-coba memilih cara ini jika Anda bukanlah orang yang disiplin menabung atau bijak menggunakan uang.

3. Investasi

Instrumen investasi saat ini sangat beragam, ada saham, obligasi, reksa dana, dan sebagainya. Anda dapat memilih instrumen yang sesuai dengan karakter Anda. Namun, seyogianya Anda mengerti benar instrumen investasi yang Anda pilih karena instrumen investasi itu ada yang berisiko rendah, ada pula yang berisiko tinggi.

4. Asuransi

Dewasa ini produk asuransi sangat beragam. Bahkan, kini ada produk asuransi yang juga disertai dengan investasi. Kelebihan asuransi adalah target dana atau rencana yang diinginkan dapat tetap tercapai, meski terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Demikian sharing saya tentang Manajemen Pensiun, semoga bermanfaat

PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN

Kali ini Saya akan berbagi tentang PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN Jika Teman-Teman Suka Dengan PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN ke TKP
manajemen keuangan
Sobat blogger kali ini saya akan berbagi ilmu tentang PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN, tentunya sobat bertanya apa yang harus dilakukan apabila kita mempunyai masalah yaitu penghasilan lebih kecil dari pada pengeluaran dalam hal keuangan sobat, berikut ini adalah sharing dari PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN yang dapat dilakukan sobat bloger untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebenarnya inti dari dari sebuah manajemen pengeluaran keuangan adalah agar penghasilan  kita selain cukup digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari, juga bisa disisihkan untuk tabungan masa depan. Nah, tabungan ini bisa benar-benar untuk masa depan, bisa juga untuk kebutuhan tak terduga.

Menurut para perencana keuangan, berdasarkan penggunaan penghasilan tiap bulan, pengeluaran kita bisa dibagi menjadi empat pos, yaitu:

1. Pos pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari
2. Pos pengeluaran cicilan utanga
3. Pos pembayaran premi asuransi
4. Pos untuk tabungan dan investasi

PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN

Sekarang kita sudah mengetahui apa saja pos-pos pengeluaran wajib tiap bulan. Lalu, mana dari keempat pos tadi yang harus didahulukan?

Prioritas pertama tentunya membayar cicilan utang. Jika tidak hidup kita tidak akan tenang dikejar-kejar penagih utang. Untuk pos ini dana yang diperlukan adalah maksimal 30% dari penghasilan per bulan. Itu sudah mencakup semua cicilan utang, misalnya cicilan rumah, mobil, barang kreditan, dan kartu kredit.

Prioritas kedua adalah tabungan dan investasi (jika ada) yang manfaatnya bisa diraih di masa depan. Tak butuh banyak kok, minimal hanya 10 % dari penghasilan per bulan (lebih besar, lebih baik).

Prioritas ketiga, membayar premi asuransi. Untuk asuransi, anggarannya antara 10-20 persen dari penghasilan per bulan. Jika Anda tak memiliki asuransi, bisa langsung ke prioritas berikutnya. Namun, jika tertarik, aturan mainnya, jangan membeli asuransi terlalu banyak. Cukup pilih yang bisa untuk mengantisipasi risiko dan ambil premi dengan paket hemat.

Terakhir adalah pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari. Ini mencakup makan, transportasi, pulsa, hiburan, dan sebagainya. Mengapa kebutuhan sehari-hari ditempatkan sebagai prioritas terakhir? Karena kebutuhan ini lebih fleksibel. Artinya, kita bisa melihat kebutuhan apa dari pos ini yang dananya bisa ditekan atau dikurangi. Misalnya anggaran untuk transportasi. Karena nebeng teman, Anda bisa menghemat uang transport. Yang harus Anda sisihkan untuk pos keempat idealnya adalah 50 % dari penghasilan per bulan.

Demikian sobat blogger sharing tentang PRIORITAS DALAM MANAJEMEN PENGELUARAN KEUANGAN, semoga bermanfaat.

Jenis Jenis Usaha Rumahan Yang Sukses Dengan Modal Kecil

Kali ini Saya akan berbagi tentang Jenis Jenis Usaha Rumahan Yang Sukses Dengan Modal Kecil kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Jenis Jenis Usaha Rumahan Yang Sukses Dengan Modal Kecil Jika Teman-Teman Suka Dengan Jenis Jenis Usaha Rumahan Yang Sukses Dengan Modal Kecil silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Jenis Jenis Usaha Rumahan Yang Sukses Dengan Modal Kecil ke TKP
Anda mencari seputar informasi tentang peluang bisnis usaha rumahan yang mudah dan gampang dengan modal kecil? Well, disini pada postingan kali ini Tourworldinfo Community akan membahas tentang peluang macam-macam jenis usaha rumahan dengan modal yang kecil. Anda sebagai orang yang ingin terjun di dunia bisnis tapi ingin menjalankan bisnis dengan mudah langkah baiknya anda mencoba metode bisnis yang satu ini yaitu metode bisnis rumahan. Bisnis rumahan memang saat ini sangat digendrungi oleh para ibu-ibu rumah tangga maupun para bapak2 yang ingin mencoba tantangan di dunia bisnis rumahan ini tetunya dengan modal yang kecil dan keuntungan besar.

Untuk memulai sebuah usaha memang tidak selalu membutuhkan modal yang sangat besar. Akan Tetapi Jika telah memiliki keinginan yang kuat, keyakinan dan rencana yang matang, maka anda harus segera bertindak dan tidak menunggu sesuatu keberuntungan datang kepada anda. Dengan kreatifitas dan ketekunan, Anda bisa menyulap hobi anda sendiri, keterampilan atau bakat anda menjadi bisnis rumahan yang bisa mendatangkan uang yang cukup lumayan.

Anda harus ingat! Di dalam dunia entrepreneurship ada satu pedoman yang wajib di tanam didalam pikiran anda bahwa untuk memulai bisnis tak selalu memerlukan modal yang sangat besar. Modal besar bukanlah faktor utama untuk membuat bisnis anda sukses, akan tetapi kerja keras, ketekunan, silaturahmi dan keseriusan itulah modal awal untuk merintis bisnis rumahan anda. Sehingga usaha tersebut dapat terus berkembang di kemudian hari hingga masa depan anda kelak.

Untuk memulai langkah awal bisnis rumahan tak beda jauh dengan bisnis pada umumnya. Hal pertama yang perlu anda tentukan ialah "JENIS USAHA" yang ingin anda kelola. karena ini merupakan tahap yang sangat menentukan. Langkah Langkah Usaha Bisnis Rumahan yang anda kelila juga harus tepat. Well, disini ada beberapa jenis jenis dan macam macam usaha rumahan yang dapat anda jadikan ide bisnis rumahan anda dengan modal yang kecil... Nah, berikut contoh peluang usaha bisnis rumahan:

1. Membuka Usaha Gorengan
Siapa yang tidak suka makan gorengan? Makanan ringan satu ini banyak digemari hampir disemua kalangan. Berbagai macam ragam jenis gorengan yang telah popular dimasyarakat seperti ; tempe goreng, tahu isi, bakwan, ubi goreng, pisang goreng, cireng (aci goreng), tape goreng, dll. Dan jenis gorengan yang paling fenomenal yakni ayam goreng Kentucky Fried Chicken atau KFC, yang dirintis oleh Kolonel Harland Sanders. Menilik kesuksesan KFC, maka dapat diambil kesimpulan bahwa prospek usaha gorengan pun mampu menjadi jaminan masa depan, jika mampu untuk mengembangkan resep yang lebih inovatif dan unik dari jenis gorengan yang telah ada. Untuk modal awal bisnis gorengan ini mulai dari Rp 500.000,. – Rp 1.000.000,.

Omzet per hari mulai Rp 100.000,. – Rp 300.000,. atau keuntungan per bulan sekitar Rp 800.000,.

2. Membuat Kue Donnat yang Enak
Kue yang memiliki kekhasan dengan lubang di tengah ini, memang cukup dikenal dan disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari donat yang dijual di pasar tradisional hingga donat yang bermerk terkenal seperti Dunking Donuts ataupun Donat Jco yang selalu diserbu para penikmatnya. Selain rasanya yang empuk, menu donat juga memiliki variant toping yang berwarna menarik. Mulai dari toping gula bubuk, coklat meses atau caramel, coklat kacang, ataupun keju yang menambah kelezatan kue satu ini. Harga donatpun cukup bervariasi mulai dari Rp 1000,. hingga Rp 30.000,. Untuk pemasarannya tidak terlalu sulit, karena makanan ini telah memiliki pasar yang luas. Anda bisa membuka gerai di depan rumah atau dititipkan ke warung makan, toko kue dan snack, bahkan di stock ke pasar. Untuk modal awal bisnis donat ini berkisar Rp 700.000,. – Rp 1.000.000,.

Omzet per hari berkisar Rp 120.000,. dan keuntungan per bulan dapat mencapai Rp 1juta lebih.

3. Usaha kreatif pigura
Selalu ada yang menarik dari limbah kertas. Jika Anda seorang yang kreatif, maka sangat mudah untuk mendapatkan rupiah dengan berkreasi dari limbah kertas. Misalnya dengan membuat pigura karton dengan aneka macam corak warna dan ukuran. Dengan bahan utama kertas karton, berbagai macam pigura dari ukuran 2R hingga 10R dapat Anda hasilkan. Harga pigura karton ini berkisar mulai Rp 2000 hingga Rp 20.000,. (sesuai ukuran, jenis kayu yang digunakan, dan kerumitan model). Untuk pemasarannya Anda bisa membuka galeri sendiri di rumah, menyewa tempat yang strategis, menitipkan di toko buku, toko kado/pernik, atau di tempat pemesanan undangan. Jangan lupa untuk mencantumkan nama merek dan nomor kontak Anda di setiap pigura ataupun kemasannya.

4. Menjadi reseller suatu produk
Menjadi reseller atau agen adalah salah satu alternatif bagi mereka yang ingin membuka bisnis rumahan yang menguntungkan namun juga dengan modal kecil. Ataupun belum bisa menghasilkan produk sendiri. Kegiatan ini biasanya dilakukan para ibu rumah tangga dan dilakukan di sekitar rumah. Selain itu jika Anda menjalankan bisnis rumahan ini, Anda dapat menjalankannya sesuai waktu luang yang dimiliki, tanpa ada tekanan kerja ataupun target yang akan membebani. Produk-produk yang dapat dijadikan peluang bisnis rumahan ini diantaranya usaha jualan baju, jilbab, kosmetik, aksesoris wanita, baik yang bermerk atau yang belum bermerk. Keuntungan yang diperoleh pun bervariatif, tergantung jenis produk yang dijual. Misalnya untuk menjadi reseller kaos muslim SIK Clothing : Modal awal pembelian produk awal (min.20 potong) @Rp 80.000,. x 20 = Rp 1.600.000,. Keuntungan / potongan harga untuk reseller 25%. 25% x Rp 1.600.000,. =Rp 400.000,.

5. Membuka Warung makan
Dengan memiliki keterampilan memasak Anda bisa membuka bisnis rumahan, yaitu bisnis warung makan. Gunakan resep-resep favorit keluarga atau resep yang sudah Anda kuasai pembuatannya. Jangan tergiur untuk membuat banyak resep, mulailah dengan 3-4 jenis dahulu. Tambahkan jenisnya jika penjualan mulai stabil. Dengan modal kurang dari 1juta, bisnis ini sudah dapat dimulai. Modal untuk bahan-bahan masakan Rp 500.000,. – Rp 1000.000,.
Omzet per hari untuk warung makan sederhana ini berkisar Rp 100.000,.- Rp 200.000,.

6. Menyalurkan hobi dengan berbisnis aneka kue
Pilihlah jenis kue –kue yang paling banyak diminati dan paling cocok dikonsumsi sehari-hari. Seperti: brownies kukus, bolu, pastel, risoles, kue lapis, lumpia dll. Manfaatkan hari-hari istimewa seperti momen ulang tahun atau lebaran untuk menerima orderan kue kering dan cake. Jika rumah Anda berada dilokasi yang strategis, mulailah untuk membuka display di garasi atau di teras rumah. Bisnis makanan tergolong paling menguntungkan, mulai dari 50% hingga 100%. Perputaran uang dalam bisnis ini lebih cepat, karena makanan hampir selalu dibayar tunai. Jadi setelah semua biaya dihitung, tambahkan minimal 50% sebagai keuntungan dalam menghitung harga jualnya. Misalnya 1 resep lumpia ( jadi 30 buah) memerlukan biaya Rp 40.000. Jika lumpia dijual Rp 2000 per buah maka keuntungannya (Rp 60.000 – Rp 40.000 = Rp 20.000 atau 50%). Dalam menentukan harga jual jangan segan memberikan diskon atau pelayanan khusus untuk pembeli dalam jumlah besar, agar volume penjualan meningkat.

7. Kerajinan merajut
Untuk membuka peluang usaha merajut, tidaklah membutuhkan modal yang besar. Yang dibutuhkan adalah ketrampilan dalam merajut dan mampu menghasilkan produk yang bervariasi. Produk paling mudah yang sering diproduksi diantaranya tempat handphone, tas, taplak meja, bandana, topi maupun peci. Karena proses produksinya cukup rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, maka tak heran jika harga jual produk rajutan dihargai sesuai tingkat kesulitan, kerumitan dan lama pengerjaan. Namun untuk beberapa produk yang mudah dalam pengerjaanya dihargai dengan harga yang murah pula, misalnya saja untuk produk tempat handphone rajut dibandrol dengan harga Rp 5000,. – Rp 15.000,. Modal awal untuk usaha rajut ini berkisar Rp 300.000,. – Rp 500.000,. yang terdiri dari bahan baku benang rajut, aksesorisnya, buku panduan merajut, jarum (hakken), gunting. Omzet per hari untuk penjualan tempat handphone saja : Rp 5000,. x 5 tempat handphone =Rp 25.000,. Keuntungan per bulannya bisa mencapai Rp 600.000,. – lebih.

8. Bisnis pulsa elektrik
Dewasa ini, isi ulang pulsa elektrik dapat ditemukan di manapun karena usaha ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda yang ingin menjalankan bisnis ini tidak memerlukan banyak tenaga, hanya dengan bermodalkan telepon genggam dan uang minimal Rp 100.000,. Anda sudah dapat memulainya. Konsumen perdana Anda dapat dimulai dari kalangan keluarga, teman, ataupun tetangga.

9. Jasa Pengetikan
Konsumen Anda dalam bisnis rumahan jasa pengetikan adalah yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengetik sendiri naskah atau tugas-tugasnya, maka Anda dapat mengambil peluang tersebut untuk menjadikan usaha yang menjanjikan. Yang harus Anda persiapkan dalam menjalani bisnis adalah komputer, printer, scanner dan juga waktu luang yang relatif banyak. Modal awal yang dibutuhkan berkisar Rp 8-Rp 9juta, namun jika Anda sudah memiliki komputer dan printer sebelumnya, maka dapat menekan pengeluaran biaya peralatan.

10. Wadah kotak
Wadah atau tempat yang sering digunakan untuk wadah kado, kue, perhiasan, hantaran pernikahan, hantaran lebaran dan sebagainya itu, sampai saat ini masih tinggi akan permintaan. Masa panen produk ini adalah ketika menjelang hari raya dan musim-musim pernikahan yang biasa digunakan sebagai tempat hantaran atau tempat souvenir. Jangan lupa untuk mencantumkan merek dan nomor telp atau alamat yang dapat dihubungi pada setiap produk kotak Anda. Kreatif, inovatif dan memiliki ciri khas, lekatkan pada produk kotak Anda, agar orang mudah mengenalinya.Perlengkapan dan bahan yang dibutuhkan antara lain kertas karton, lem, gunting, cutter, kertas hias, dan pita. Pemasarannya dapat Anda titipkan ke toko-toko souvenir, kado, galeri, sering mengikuti pameran, ataupun dengan membuka toko sendiri di rumah. Modal awal untuk menjalankan bisnis ini berkisar Rp 6juta –Rp 8juta. Untuk harga jual ongkos produksi ditambah 25%. Anda bisa menjual kotak mulai harga Rp 8000,. – tak terhingga, tergantung bentuk, besar dan lama pembuatan.

Nah itulah beberapa jenis peluang usaha bisnis rumahan yang dapat anda kelola sebagai ide pertama anda dalam tahap memulai menjalankan bisnis rumahan. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat anda yang membacanya. Oiya, dalam berbisnis itu pasti ada hambatan, tantangan dan rintangan saya sarankan anda jangan patah semangat bila hal tersebut menerpa anda. Selalulah meluangkan waktu anda untuk selalu berdoa kepada TUHAN Anda sendiri sehingga anda akan selalu diberi kemudahan dalam menjalankan usaha anda. AMIN!!! 

Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Kali ini Saya akan berbagi tentang Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Jika Teman-Teman Suka Dengan Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga ke TKP
Ibu rumah tangga seperti anda bisa juga kok sukses menjalankan bisnis yang dikerjakan dari rumah. Anda bisa mencurahkan segala kemampuan dengan waktu yang fleksibel (tidak terikat dengan jam kantor) Dapat membagi waktu dengan cermat antara pekerjaan rumah, waktu untuk anak-anak dan bisnisnya.
Bisnis ibu rumah tangga tidak selalu menuntut Modal yang sangat besar loh.....dengan modal dari belanja bulanan misalnya bisa menghasilkan jutaan rupaih tiap bulannya. Dengan duduk manis depan monitor anda bisa memainkan jemari anda untuk hari-hari manis didepan....:-)
Bisnis online salah satu bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga.......setelah pekerjaan rumah selesai, anak-anak bermain dengan santai, anda juga bisa duduk santai didepan monitor mengerjakan bisnis online anda. Merintis bisnis dari rumah yang dikerjakan dengan sistim online memberikan berbagai keuntungan......Anda bisa memperhatikan perkembangan anak-anak, memiliki waktu yang banyak untuk mempelajari sistem bisnis anda tanpa takut menghadapi tekanan dari atasan seperti yang sering dialami pegawai kantoran umumnya, bebas dari ketakutan di PHK. Andalah yang bisa menciptakan kreativitas anda sendiri.
Jika kemampuan yang anda miliki dirasa masih kurang atau bahkan gaptek sekalipun bukan halangan untuk anda bisa sukses menjalankan bisnis dari rumah. Training-training online dan offline bisa anda dapatkan, fasilitas belajar yang serba online juga bisa anda dapatkan seperti web replika yang disediakan gratis untuk anda, Ebook gratis yang dirancang sesimpel mungkin sehingga bisa dipahami oleh ibu rumah tangga seperti anda, Aneka Event, juga kesempatan mempunyai banyak teman-teman baru dari seluruh penjuru lewat situs Jejaring Sosial mis Facebook, Twiteer atau bahkan bertemu langsung pada acara-acara ato event yang diadakan oleh bisnis anda.
Perlu diingat, kemampuan anda dan kreatifitas anda sangat menunjang umur bisnis yang anda jalankan....!!! Dengan kesiapan yang matang, optimis, ketekunan, kesabaran dan tidak pernah takut untuk GAGAL adalah KUNCI kesuksesan anda dan bisa merubah ekonomi keluarga anda.
Jika anda YAKIN dengan kemampuan anda.....mengapa tidak Mencobanya sekarang....????

Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Kali ini Saya akan berbagi tentang Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jika Teman-Teman Suka Dengan Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa ke TKP
Kuliah sambil bisnis, apa bisa?
 
Kenapa tidak??? banyak mahasiswa yang menjalankan bisnis sambil kuliah karena mereka punya motivasi yang kuat, “ingin menjadi mandiri”, dan mampu mempunyai penghasilan sendiri untuk membiayai kuliah mereka atau bahkan membantu membiayai pendidikan adik-adik mereka (betul gak ?? hehe ).
 
Jadi kuliah sambil bisnis bisa saja, tinggal bagaimana cara kita mengsinkronkan atau membuatnya sejalan Apakah mengganggu kuliah?
 
Mengganggu atau tidaknya suatu bisnis yang dijalankan terhadap kuliah, sebenarnya tergantung dari 2 hal :
 
1. Jenis bisnis apa yang dijalankan
2. Bagaimana kita bisa mengatur waktu dengan baik antara bisnis dan kuliah. 
 
Kita bahas satu per satu :
 
1. Jenis bisnis yang dijalankan
 
Untuk mahasiswa, ada baiknya sebelum terjun ke dunia bisnis agar bisa memilih jenis bisnis yang mereka jalankan. Pilihlah jenis bisnis yang tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengelolanya, semacam part time business atau dengan kata lain bisnis yang bisa dikerjakan diluar waktu kuliah. Untuk bisnis offline mungkin agak susah mencarinya, namun untuk bisnis online sepertinya ada banyak peluang, misalnya saja jadi blogger, internet marketer, affiliiate / reseller, ads publisher, dll, karena bisa dijalankan pada saat selesai kuliah, saat malam pun juga bisa dijalankan (kebanyakan mahasiswa menderita insomnia, termasuk saya)
 
 
2. Mengatur waktu antara bisnis dan kuliah
 
Nah itu tadi, jika anda sudah memilih jenis bisnis anda, maka tinggal bagaimana cara anda mengaturnya dengan kuliah anda. Saya ambil contoh misalnya anda menggeluti bisnis online. Bisnis online adalah bisnis yang sangat baik menurut saya, kenapa? tidak ada jadwal tertentu yang mengikat (misalnya jam masuk, jam pulang, jam telat, dll ), yang ada yaitu perencanaan bisnis anda dalam menjalankan bisnis online anda. Nah misalnya saja, dalam menjalankan bisnis online anda, anda memerlukan waktu sekitar 2-3 jam. Apa yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis anda? Koneksi internet, komputer / laptop, dimana menurut saya kesemua barang tersebut selalu ada (selalu ada dalam arti, warnet gak akan lari kemana, sinyal wifi gratisan tak akan lari kemana). Jadi gak ada alasan buat anda terburu-buru menjalankan bisnis anda karena takut telat
Sementara kuliah . . . kuliah hari ini tentu kalau udah lewat yah lewat. Anggaplah dalam sehari anda kuliah dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. terus dari jam 3 sore hingga jam 6 petang anda bisa gunakan untuk mengerjakan tugas2 kulaih anda. Nah jam 6 petang hingga seterusnya (jam 8 keesokan harinya) artinya gak ada lagi sesuatu yang terlalu mendesak (kalaupun ada silahkan kerjakan segera). Nah anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menjalankan bisnis anda. Bukan gitu ??? 
 
 
Jenis bisnis untuk anak kuliahan
 
Seperti yang saya sarankan tadi di atas, yaitu sebaiknya memilih bisnis online, artinya anda mempunyai bisnis yang dijalankan di dunia maya, yang tidak membutuhkan waktu seharian untuk dijalankan. salah satu contohnya yaitu bisnis blog monetizing atau menghasilkan uang melalui blog (yang sedang digandrungi saat ini). Jadi yang anda perlukan hanya sebuah blog (apakah itu blogger, wordpress, dll) yang mana untuk membuat sebuah blog hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit. Kemudian anda mengisi blog anda dengan tulisan-tulisan atau artikel, bisa dari hasil kopi susu kopi paste, atau buatan sendiri (dan untuk membuat sebuah tulisan pun gak perlu bertapa hingga seharian, apalagi kalau cuma kopi paste. Intinya, bisnis apapun yang dijalankan oleh anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa, maka gak ada salahnya selama kuliah anda juga tetap jalan.

Cara Ampuh Agar Usaha Cepat Berkembang Dan Sukses

Kali ini Saya akan berbagi tentang Cara Ampuh Agar Usaha Cepat Berkembang Dan Sukses kepada teman-teman Artikel Ini Bertujuan Untuk Menambahkan Wawasan Kita Tentang Cara Ampuh Agar Usaha Cepat Berkembang Dan Sukses Jika Teman-Teman Suka Dengan Cara Ampuh Agar Usaha Cepat Berkembang Dan Sukses silahkan berbagi kepada teman-teman yg lainnya Ya udah Langsung saja Membaca Cara Ampuh Agar Usaha Cepat Berkembang Dan Sukses ke TKP
Saya akan mencoba sharing atau memberikan beberapa tips/cara agar usaha kita berhasil. Dalam memulai atau mengembangkan bisnis/usaha dalam bidang jasa maupun dagang harus mempunyai tips/cara agar usaha kita berkembang dan maju.

 

·        Tips Memulai Usaha
1.        Menjadi pengusaha itu life calling, panggilan hidup yang mulia, jangan jadikan sebagai keterpaksaan.
2.        Kesuksesan usaha kita datangnya dari Tuhan dan diwujudkan dalam tindakan. Selalu andalkan Dia dalam setiap usaha.
3.        Usaha memang memerlukan perencanaan, namun yang jauh lebih penting adalah komitmen untuk segera memulai usahanya.
4.        Bermimpi dan buat target untuk sukses. Target ini penting untuk memberi semangat dalam berbisnis.
5.        Tentukan jenis bisnis yang akan dimulai, disarankan agar sesuai dengan minat bisnis/hobby dan kemampuan.
6.        Ingin memulai usaha harus berani ambil risiko, kalau tidak berani ambil risiko, jangan buka usaha.
7.        Harus miliki konsep dari awal bahwa kepuasan konsumen merupakan prioritas, bukan cuma ladang profit semata.
8.        Dalam usaha harus mau terima komplain konsumen, kalau tidak mau terima komplain konsumen, jangan buka usaha.
9.        Lakukan kolaborasi dengan partner usaha, ini penting untuk meningkatkan efisiensi dan membuat inovasi.
10.    Usaha yang kita buat harus terus belajar. Belajar semakin baik melayani konsumen dan membuat produk berkualitas.
11.    Menjalankan usaha itu perlu komitmen 100 persen. Jangan setengah-setengah nanti hasilnya juga setengah-setengah.
12.    Jangan jadikan konsumen hanya sebagai ladang profit, jadikan konsumen sebagai partner. Minta feedback untuk bisnis kedepannya.
13.    Jangan menyerah ketika bisnis kita mengalami kendala. Jadikan kendala sebagai batu loncatan untuk sukses.
14.    Kesuksesan berhenti bukan ketika kita gagal, kesuksesan berhenti ketika kita menyerah.
15.    Hal penting dalam usaha: buatlah produk yang lebih baik dari pesaing atau yg lebih murah tapi tetep berkualitas.
16.    Jangan pernah menganggap enteng pesaing. Ingat pesaing bukan musuh melainkan motivasi untuk berkembang.
17.    Tentukanlah visi dalam bisnis, gambarkanlah akan seperti apa bisnis kita 3 tahun ke depan.
18.    Pertahankan kualitas terbaik, banyak konsumen lari ke pesaing karena kualitas layanan & produk kita menurun.
19.    Carilah differensiasi dari produk kita dan jadikan bisnis kita berbeda dan lebih baik dari produk pesaing.
20.    Usaha yang sukses adalah usaha yang diwujudkan bukan direncanakan saja.

·         Tips Strategi Produk
1.      Strategi produk menjadi strategi penting dalam usaha. Produk juga bagian dari marketing mix: product - promotion - place – price
2.      Pelanggan lari ke pesaing, karena produk kita tidak berkualitas, atau kualitasnya menurun.
3.      Buat produk yg unik, dan lebih baik dari pesaing. Jadikan ini USP: Unique Selling Point.
4.      Usaha yang tidak melakukan inovasi dalam produk, perlahan-lahan akan digilas pesaing.
5.      Lakukan quality control secara berkala. Pastikan produk yg diterima konsumen adalah produk yang berkualitas.
6.      Tentukan harga produk yang sesuai dengan target market dan raw material. Jangan terlalu mahal, jgn terlalu murah. Harus tetep profitable.
7.      Ingat konsep ini: jual produk yang value for money - harga sesuai dengan kualitasnya.
8.      Lakukan product evaluation. Minta feedback dari konsumen. Apakah sudah sesuai dengan keinginan konsumen.
9.      Terkadang perlu lakukan competitor analysis. Produk mereka kita cek, sebagai data dan masukan untuk produk kita.
10.  Produk yang baik adalah produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, diterima di market dan profitable.
11.  Dalam strategi produk, hal yang sangat penting dalam menetapkan dan pengembangan merek.
12.  Merek yang baik merupakan representasi dari produk yang berkualitas.

·         Tips Strategi Jualan
1.      Mulai dengan perencanaan sales: tentukan produk yg dijual, kapan, dimana, siapa target marketnya, dll.
2.      Persiapkan kualitas yang baik, first impression dalam kualitas sangat menentukan apakah konsumen akan beli lagi.
3.      Fokus pada pelayanan terbaik ke konsumen dan bangun relasi dengan mereka untuk long term sales.
4.      Pilih lokasi jualan yang strategis, dimana cukup banyak orang di daerah jualan: dekat kantor, kampus, mall, tempat nongkrong abg, dll.
5.      Hal lain yang juga sangat penting adalah bangun merek. Ketika merek sudah kuat, jualan akan terdongkrak.
6.      Jika kita sudah ada karyawan, maka beri training untuk jualan & motivasi agar maksimal ketika jualan.
7.      Lakukan inovasi produk. Inovasi, variasi & product improvement sangat penting untuk meningkatkan sales.
8.      Lakukan promosi yang masif, bisa dengan spanduk, brosur, ataupun social media: facebook, twitter, youtube, blog.
9.      Buat paket-paket produk, misal paket bundling, paket hemat, paket lengkap. Ini bs meningkatkan omzet.
10.  Tetapkan strategi dari awal: jual banyak harga hemat atau jual sedikit harga premium. Tergantung segmennya.
11.  Buat iklan testimoni yang deskripsikan kelebihan produk dan pngalaman konsumen. Penting untuk “create trust”.
12.  Perhatikan kondisi fisik outlet, channel distribusi, stock agar jualan tetap lancar.
13.  Tetapkan target sales harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Ini penting untuk menentukan strategi.
14.  Terapkan strategi harga, strategi ini bisa meningkatkan trial & omzet. Contoh: strategi potongan harga.
15.  Catat data konsumen untuk database. Database ini sangat penting untuk bangun relasi & long term sales.
16.  Berjualan harus kreatif, misal gratis untuk yang ultah, free minuman yg ngajak 5 orang tmennya, dan sebagainya.
17.  Promo, bisa dilakukan dengan pemberian bonus saat pembelian banyak. Ini bisa meningkatkan volume sales.
18.  Di era digital marketing. Kita bisa gunakan sarana website, fb, twitter untuk online shop.
19.  Beri apresiasi ke konsumen yg membeli lebih, bisa dengan gift, produk tambahan dll. Penting utk impression.
20.  Lakukan evaluasi penjualan secara berkala untuk evaluasi kinerja, strategi & penentuan next improvement.

Selanjutnya saya akan memberikan tips/cara mengembangkan dan memajukan bisnis/usaha untuk mengiklankan produk barang atau jasa dalam bidang digital marketing, contohnya website.
·         Proses Loading Situs Web Harus Cepat
Terkadang suatu situs web yang memiliki content yang menarik ataupun yang memiliki desain yang indah, kurang mendapat perhatian dari penjelajah internet. Itu bisa terjadi bila situs tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk loadingnya (terutama masalah loading image) dan hal ini akan membuat pengunjung situs menjadi bosan. Para pengguna internet menginginkan informasi yang tersaji dengan cepat. Bayangkan saja betapa bosannya seorang pengunjung web manakala harus menunggu relatif lama untuk dapat mendownload keseluruhan sebuah halaman web. Ia bisa saja mengklik tombol Stop untuk mematikan proses download halaman kemudian mematikan fasilitas auto load image dari browsernya atau malah pindah ke halaman lain yang lebih cepat. Sepertinya hal tersebut sepele, namun bila tidak diantisipasi maka jerih payah kita membangun suatu situs yang menarik dan indah akan menjadi usaha yang sia-sia. Karena kendala kecepatan akses inilah maka penerapan teknik desain cetak tradisional termasuk teknik interaktif multimedia pada situs kita harus dipikirkan dengan matang. Oleh karenanya, dalam membuat suatu situs perlu diperhatikan pembuatan desain web maupun grafis yang indah tapi dari segi ukuran file-filenya cukup kecil. Hal tersebut perlu dipikirkan untuk mengantisipasi para pengunjung situs yang koneksi internetnya tidak terlalu cepat.

·         Format Image File yang Efektif
Salah satu masalah yang berkaitan dengan hal tersebut adalah masalah file image. Dalam dunia web kita bisa melihat proses loading berbagai format file image. Dan diantara format-format yang ada, yang sering digunakan adalah format JPEG dan GIF.
Berkaitan dengan masalah ukuran file dan proses loading maka penggunaan format image yang tepat merupakan syarat utama :

1.    Gunakan format GIF bila :
·      Gambar Anda banyak berisi area kosong besar dan warnanya datar
·      Anda ingin meyakinkan bahwa grafik Anda dapat diterima oleh semua browser dan platform
·      Anda ingin membuat area di grafik menjadi transparan.

2.    Gunakan format JPEG bila :
·      Grafik Anda memiliki tonal yang bervariasi
·      Grafik Anda adalah fotografi penuh warna

·         Buat Beberapa Versi dari Situs Kita
Saat ini teknologi web berkembang dengan pesat, di satu sisi hal itu memacu para desainer web/web author untuk membuat halaman-halaman web yang semakin indah dan canggih. Namun di sisi lain, hal itu juga berarti kebutuhan kecepatan akses yang semakin tinggi. Oleh karena itu, bila kita mendesain/membuat sebuah situs web dan jika server situs kita masih memiliki sisa ruang yang cukup besar maka bisa dibuat beberapa versi situs. Misalnya situs versi A untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif cepat dan situs versi B untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif lambat. Beberapa situs menyediakan versi HTML standar dan versi Shocked-nya yang membutuhkan plug-in tambahan dan tentunya kecepatan akses yang lebih cepat.

·         Gunakan Teknologi Web yang Semakin Canggih
Ada beberapa situs yang dibuat dengan menggunakan bantuan software-software canggih seperti Flash, Dreamweaver ataupun menggunakan teknologi Active X, Dynamic HTML, Java, JavaScript, dan lain-lain. Beberapa diantara situs-situs tersebut  memang dimaksudkan untuk menunjukkan kepiawaian pengelola/desainer situs web memasukkan beragam teknologi tersebut ke dalam situs mereka dan ditujukan untuk pengunjung situs yang memiliki koneksi yang cepat ke internet.

·         Plug-in
Untuk dapat menikmati teknologi-teknologi web tersebut, tak jarang pengunjung situs harus memiliki plugins khusus untuk browser mereka. Sebagai contoh :
·      Untuk menikmati situs-situs yang menggunakan Shockwave dan Flash dari Macromedia maka dibutuhkan plugin Shockwave dan Flash Player yang bisa didapatkan di www.macromedia.com/shockwave/download/
·      File-file Real Audio / Video membutuhkan player yang bisa Anda dapatkan di www.real.com
     Untuk melihat/membaca file-file PDF kita bisa mendownload program Adobe Acrobat Reader dari situs Adobe (www.adobe.com/products/) yang tersedia gratis.

·         Buat Isi Hompage Selalu Baru (Update)
Suatu situs web yang baik akan selalu menunjukkan aktivitas updating content yang baik. Dengan semakin seringnya content diperbaharui (ditambah, diganti, dikoreksi, diperiksa link-nya, dan lain-lain) menunjukkan kepada penjelajah situs bahwa memang situs anda adalah situs yang benar-benar terurus. Hal seperti ini sangat direkomendasikan untuk situs-situs penyedia informasi di mana informasinya itu sering berkembang dalam rentang waktu yang singkat, seperti situs-situs majalah, koran, bursa, dan lain-lain.

Ada berbagai cara untuk melakukan proses update ini :
1.      Secara manual : Anda update sendiri halaman-halaman web Anda dengan editor HTML yang ada, kemudian save dan upload
2.      Secara otomatis : Anda bisa menggunakan teknologi web yang telah ada untuk mempermudah proses updating misalnya menggunakan CGI atau teknologi lainnya sehingga memudahkan pengelola situs untuk terus memperbaharui situsnya.

·         Menambah Feature-feature yang Menarik
Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal maka Anda dapat membuat suatu layanan/feature khusus dari situs web Anda yang dapat menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan fasilitas/layanan yang disediakan kemudian membuat mereka penasaran untuk  mengeksplorasi lebih lanjut situs web kita. Beberapa contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter, dan lain-lain.
Ada beberapa cara untuk membuat pengunjung tertarik dengan situs web kita:
  • ·link dari search engine/situs lain diarahkan menuju halaman utama dari situs kita, sehingga memaksa pengunjung untuk mengeksplorasi situs kita lebih lanjut.
  • link dari search engine/situs lain langsung diarahkan menuju halaman yang berisi fasilitas yang ditawarkan. Dan dari setiap layanan yang diberikan, pengunjung ‘dibujuk’ untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. ‘Bujukan’ itu sendiri bisa berupa beberapa preview image yang menarik, banner, dan lain-lain.

·         Iklan Website
Agar situs web Anda dapat dikenal maka Anda harus melakukan promosi mengenai web Anda. Ada banyak cara, diantaranya :
1.      Daftarkan search engine yang paling banyak diakses (contoh : yahoo, altavista, infoseek, dan lain-lain).
2.      Bisa juga melakukan promosi melalui produk, majalah, katalog, eCards, layanan webmail, banner, dan lain-lain.
3.      Selain itu Anda bisa juga menggunakan sarana IRC jika memang diijinkan, memungkinkan, dan sesuai dengan isi/tema dari channel IRC tersebut.

Itulah beberapa tips/cara agar usaha kita berkembang dan maju. Pada sebagian tips yang saya berikan disini, saya mengambil beberapa tips dari jejaring sosial yang dibahas oleh para Entrepreneur.